Tips Ibu Menyusui agar lancar saat Berpuasa

Jakarta, 22 April 2021 - Bagi Ibu Menyusui yg hendak menjalani Ibadah Puasa sebaiknya lebih memperhatikan asupan makanan yg baik saat sahur dan berbuka puasa.

"Ibu menyusui, misalnya usia lima sampai delapan bulan, itu sebenarnya butuh banyak ASI. Maka ibu menyusui harus sangat memperhatikan asupan makanan dan minuman," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK dalam siaran Instagram Ramadhan Series 'Happy at Home with Hometown

Menurut Dokter Luciana, “Ibu Menyusui perlu mengkonsumsi air putih yg cukup agar dapat memproduksi ASI dengan lancar, setidaknya asupan air putih sebanyak 8 gelas sehari”.


"Sebaiknya setelah menyusui minum segelas, itu di luar jadwal makan sehari tiga kali dan selingan makan sehari dua sampai tiga kali ya. Jadi ibu menyusui setiap habis makan wajib minum segelas air putih, sehabis nyemil wajib minum segelas," begitu menurut, President of Indonesian Nutrition Association (INA) tersebut. Dr dr Luciana mengakui, hal tersebut tentu sulit dilakukan saat ibu menyusui menjalankan ibadah puasa.


Dr Lucia menyarankan 3 tips bagi Ibu Menyusui agar tetap Lancar Berpuasa :

  1. Ibu menyusui dapat memerah asi di saat malam hari

  2. Ibu menyusui disarankan makan sesuai dengan panduan isi piringku, yakni porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. "Kalau sudah memenuhi itu sebetulnya sudah cukup. Segelas susu bisa jadi tambahan pelengkap," kata Dr Luciana.

  3. Beliau juga mengingatkan agar selama puasa tetap menjalankan hidup aktif dengan berolahraga. Dianjurkan berolahraga seperti jalan kaki santai jelang Berbuka puasa. Kalau mau yang high intensity bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Happy at Home with Hometown Ramadhan Series ini juga akan mengundang beberapa narasumber lainnya yang merupakan ahli di bidangnya tujuannya untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas. Happy at Home with Hometown akan diadakan setiap Sabtu jam 11.00 dan dapat disaksikan di Instagram Live @hometowndairy.id " ungkap Anjani Miranti selaku Marketing dari Hometown Dairy.


Susu Segar Hometown adalah 100% susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gula, pemanis, pengawet, dan lainnya. Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3 hari setelah botol dibuka dan dimasukan ke lemari pendingin serta bertahan selama kurang lebih 7- 12 hari sebelum kemasan dibuka.

Saat ini, Hometown Dairy ada di beberapa supermarket area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Lampung dan Medan. Atau juga bisa dibeli via online melalui Shopee GGF Official Shop dan Tokopedia GGF Mart untuk area Jakarta dan sekitarnya.



8 views0 comments

Recent Posts

See All