Tips untuk menjaga kualitas dan kelezatan Susu Segar


FreshMilk-SusuSegar


Ohalo Hometown Lovers! Hometown mau berbagi tips nih ke kalian para pecinta susu hehe, Simak yaaa! Susu merupakan minuman bergizi tinggi, Kandungan dalam nutrisi susu sangat baik khususnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, rasanya pun juga lezat. Namun, apa yang akan terjadi apabila produk susu tidak diberlakukan dengan baik? Penasaran? Yuk, simak tips dibawah ini, seperti dikutip dari Sumber Artikel


1. Jangan biarkan susu segar menganggur terlalu lama

Perlu diketahui sifat dari susu mudah rusak dan tidak tahan lama. Apabila susu segar didiamkan selama beberapa waktu, maka lemak susu akan mengumpal dan menjadi krim susu. Nah, bakteri perusak susu yang bertebaran di udara dan berkembangbiak dengan sangat cepat. Bakterinya dapat mengubah gula susu menjadi zat asam yang mengakibatkan susu berubah rasa menjadi asam. Akhirnya susu berlendir dan kental seperti jeli. Maka dari itu, Biasakan untuk dihabiskan setelah dibuka kemasannya yaaa:)


2. Susu yang tidak dipasteurisasi, hendaknya segera direbus sampai mendidih.

Nah, Tips yang satu ini perlu kalian ketahui loooh Susu yang diperah pada sore hari ternyata memiliki kandungan lemak susu yang lebih tinggi daripada susu yg diperah pagi hari. Susu yang dipasteurisasi aman untuk diminum, namun bukan berarti susu tersebut sudah steril lho! Apa yang terjadi dengan susu yang tidak dipasteurisasi? Jika tidak dipasteurisasi, maka susu akan lebih cepat terkontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit menular seperti tuberculosis, tifus dan lain lain. Jadi kalau susu tidak dipasteurisasi, susu harus segera direbus sampai mendidih.


3. Jangan mencampur susu segar dengan susu yang telah diminum sebelumnya

Terkadang kita sering lihat seseorang meminum susu namun tidak dikonsumsi sampai habis. Tanpa kita sadari kita mencampur kembali susu sisa dengan susu yang masih segar. Hal ini tidak boleh dilakukan. Jika susu tidak habis diminum seluruhnya, simpan susu dalam wadah yang berbeda namun harus di simpan di lemari es. Usahakan menaruh susu tertutup agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.


4. Disarankan untuk Simpan susu ke dalam lemari es pada wadah yang tidak tembus cahaya

Tempat yang cocok untuk menyimpan susu adalah lemari es dan wadah untuk menyimpan susu terbuat dari bahan yang tidak tembus cahaya. Susu yang disimpan di dalam freezer tahan selama 3 bulan pada keadaan suhu -17,8°C


5. Jangan Meminum Susu langsung dari botolnya.

Terkadang kita tidak mempedulikan menaruh susu pada wadah yang benar, Rasanya ingin cepat meminumnya melalui botol susu yang ada. Ini adalah cara yang salah. Susu yang langsung diminum dari botol akan mudah terkontaminasi bakteri, karena bekas bibir banyak mengandung bakteri yang akan masuk ke sisa susu di dalam botol dan akan cepat merusak susu. Maka dari itu, susu harus diberlakukan secara baik dan memenuhi syarat tertentu agar kualitas susu nutrisinya pada saat dikonsumsi tetap terjaga.

Jadi gimana hayooo, sudah tau kan hal - hal yg perlu dihindari agar kualitas dan kelezatan susu tetap terjaga.


Author: Zabell Akhyan

Source: https://www.idntimes.com/food/recipe/rezza-bella-akhyan/kesegaran-terjaga-5-tips-produk-susu-segar-c1c2/full

85 views

Contact Us

PT. GREAT GIANT LIVESTOCK

Correspondence:

Sequis Tower Lv 39-40

Jl Jend Sudirman Kav 71

Jakarta 12190

hometowndairy.id@gmail.com

Operation Hours

Mon - Fri 9am-5pm

  • Facebook - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • Instagram - Black Circle

Feel Free To Drop Us a HELLO!

© Hometown Dairy is a product brand under PT. GREAT GIANT LIVESTOCK