MengASIhi si kecil yang tercinta

Cara Memperbanyak ASI

MengASIhi Bayi

Hello Moms, makanan yang paling utama untuk bayi baru lahir adalah air susu ibu (ASI).

Untuk mencukupi kebutuhan bayi, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu, seperti contohnya ini:


1. Berikan ASI terus-menerus

Di minggu-minggu awal kelahiran si kecil, jadwal pemberian ASI mungkin belum bisa teratur. Meski begitu, berikanlah ASI kapan pun bayi membutuhkannya. Hal tersebut dapat memancing ASI ibu untuk terus berproduksi. Setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda. Coba untuk memberikan ASI setidaknya sekitar 2-3 jam sekali, sebab bayi yang baru lahir biasanya minum ASI 8-12 kali dalam sehari.


2. Istirahat

Istirahat penting untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Atur jadwal tidur Anda, misalnya jika bayi sedang tidur, Moms juga bisa ikutan tidur.


3. Santai dan jangan cemas

Motherhood memang tidak selalu mudah, tetapi Moms tidak perlu cemas kekurangan ASI. Selama merasa sehat secara fisik maupun mental dan mengonsumsi makanan sehat, ASI akan terus berproduksi


4. Mengelola stres

Usahakan mengelola stres. Ketika banyak pikiran dan stres dapat mempengaruhi hormon Anda, dan mungkin saja dapat menghambat proses keluarnya ASI. Mintalah bantuan pasangan atau keluarga untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dan merawat bayi. Sehingga Anda dapat menyusui dengan tenang.


5. Cari komunitas dan miliki tempat untuk berbagi

Terkadang bertemu dengan sesama ibu menyusui dapat membuat Anda memiliki tempat untuk bercerita dan berbagi pengalaman. Anda bisa saling bertukar cerita tentang cara memperbanyak ASI. Anda pun akan saling memberi semangat satu sama lain agar berhasil memberi ASI eksklusif untuk bayi Anda.


6. Makanan yang sehat-sehat

Makanan Bernutrisi

Selama masa menyusui secara eksklusif, Moms memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori/hari dibandingkan dalam keadaan tidak menyusui. Pola makan sehat dan bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga kualitas ASI.


Usahakan setiap porsi makanan Anda, mengandung:


1. Serat Sayur & Buah Selain sayur dan buah, serat juga bisa didapatkan di sereal, oats, gandum, dsb.

Usahakan konsumsi sayur dan buah setidaknya 5 porsi/hari.


2. Protein Daging ikan, telur, daging sapi/ayam, kacang-kacangan, susu seperti Hometown Dairy


3. Karbohidrat

Nasi, kentang, pasta, ubi, roti gandum utuh, umbi-umbian Usahakan untuk mendapatkan sumber kalori dari karbohidrat kompleks.


4. Susu atau produk olahan susu Banyak sekali nutrisi (macronutrient dan micronutrient), seperti protein, vitamin, dan mineral lengkap ada di dalam segelas susu. Maka itu, Moms jangan lupa untuk meminum Susu Pasteurisasi seperti Hometown Dairy setidaknya 2 gelas/hari, supaya mencukupi kebutuhan gizi si kecil melalui ASI.


Nah, sudah paham belum Moms? Di simak baik-baik ya jgn sampe ada yg ketinggalan hehe

634 views

Contact Us

PT. GREAT GIANT LIVESTOCK

Correspondence:

Sequis Tower Lv 39-40

Jl Jend Sudirman Kav 71

Jakarta 12190

hometowndairy.id@gmail.com

Operation Hours

Mon - Fri 9am-5pm

  • Facebook - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • Instagram - Black Circle

Feel Free To Drop Us a HELLO!

© Hometown Dairy is a product brand under PT. GREAT GIANT LIVESTOCK